Selasa, 22 Oktober 2013

Mencari Posisi Suatu Nilai dalam Variabel Array di Javascript

Dalam beberapa kasus pemrograman, kita kadang menjumpai suatu kondisi dimana diperlukan pengecekan apakah suatu nilai eksis/terdapat dalam isi suatu deret/array variabel atau tidak. Misalnya:
Diketahui:
var buahSaya = 'apel';
var deretBuah = ['rambutan', 'sirsak', 'melon', 'kiwi', 'jeruk', 'pisang', 'apel', 'jambu', 'nanas'];
Dengan menggunakan fungsi/method bawaan dari javascript kita bisa mengetahui di posisi berapa buah apel berada, jika posisi menunjukkan angka -1 maka buah apel tidak ada dalam isi variabel array buah, jika buah apel ditemukan maka akan dikembalikan nilai angka yang menunjukkan posisi atau nomor urutnya dalam isi variabel array buah.
Fungsi yang digunakan adalah indexOf(). Fungsi ini akan melakukan pencarian dalam isi suatu variabel array dari posisi paling awal sebagai posisi default atau bisa juga ditentukan posisi awal pencariannya mulai dari urutan nomor tertentu (array dalam javascript selalu dimulai dari indeks/urutan ke-0).
Jika nilai yang dicari ada di dalam variabel array, maka akan dikembalikan nilai posisi/indeksnya. Jika di dalam array terdapat lebih dari satu nilai yang cocok dengan nilai yang sedang dicari, maka nilai posisi/indeks yang digunakan adalah indeks yang pertama cocok . Jika ternyata nilai yang dicari tidak ada di dalam variabel array, maka nilai posisi yang akan dikembalikan adalah -1. Berikut ini adalah cara penulisan standar untuk fungsi/method indexOf():
 array.indexOf(item,start) 
Berikut ini adalah contoh penulisan script berdasarkan kasus di atas:
1:  var buahSaya  = 'apel';  
2:  var deretBuah = ['rambutan', 'sirsak', 'apel', 'kiwi', 'jeruk', 'pisang', 'apel', 'jambu', 'nanas'];  
3:  var position  = deretBuah.indexOf(buahSaya);  
4:  document.write(position);  
Jika script di atas dijalankan di web browser maka akan menghasilkan nilai 2.
Kita juga bisa mencari nilai posisi suatu isi variabel array dimulai dari urutan tertentu. Sesuai contoh di atas, jika ingin mencari posisi suatu nilai dimulai dari urutan ke 5, maka cukup dengan menambahkan parameter nilai awal pencariannya atau dalam contoh ini adalah urutan ke-5. Contoh penulisan:
1:  var position = deretBuah.indexOf(buahSaya, 5);  
Jika dijalankan, maka akan menghasilkan nilai 6. Jika di urutan setelahnya sebenarnya juga masih ada nilai yang sama persis dengan yang dicari, maka nilai urutan yang dipakai adalah urutan yang pertama kali ditemui.
Sekian tips sederhana pemrograman javascript untuk mencari posisi suatu nilai dalam variabel array. Semoga bermanfaat, aamiin.. Ditunggu saran dan koreksi dari pembaca. :)

Keywords: tips javascript, array javascript, index array javascript, posisi dalam array javascript, trik javascript, tips JS, trik JS, array JS, cari index array javascript, nilai index array javascript, indexof javascript, array JS, array variabel, tutorial javascript, tutorial array javascript

2 komentar: