Rabu, 29 Januari 2014

Review Speaker Multimedia 2.1: Edifier P3060

Sepi rasanya saat lagi di kos tidak ditemani bunyi-bunyian. Setelah speaker Simbadda murahan yang dulu beli paketan dengan komputer di rumah tahun 2005 mendekati ajal, kuping ini serasa gatal ingin segera punya rungon-rungon yang ajib. Karena lagi krismon, akhirnya saya coba membetulkan sendiri speaker Simbadda tersebut yang sebenarnya hanyalah masalah sepele di perkabelan. Saya kupas kabelnya, terlihat ada enam kabel kecill berwarna-warni di bagian pengatur volume. Saya potong sedikit, lalu saya sambung lagi secara sederhana hanya dengan dililit dan direkatkan pakai selotip. Alhasil speaker satelit malah tidak ada bunyinya sama sekali, hanya subwoofer yang bisa hidup. :D Sudah terlanjur malas utak-atik, ya sudahlah beli lagi saja besok pikirku.
Gambar 1. Speaker Edifier P3060

Keesokan harinya tanpa banyak cingcong, sepulang dari kantor langsung ambil uang di ATM. Sebelumnya, saya sudah browsing mencari toko-toko speaker yang bagus di area Yogyakarta. Berlabuhlah saya di website Wisesa Komputer yang menjajakan beberapa merek speaker yang jarang terlihat di toko-toko komputer biasa. Ada Edifier, Sonic Gear, Creative, dll diperlihatkan di halaman toko online-nya. Lihat-lihat merek yang cocok di kantong dengan kisaran harga di angka lima ratus ribu, pilihan jatuh di Sonic Gear Evo 7 Pro dan Edifier P3060, merek lain sudah tidak mampu menggoda saya karena hanya dua merek tadi yang lebih berkelas dan harga masih masuk di kuota jatah bulanan. :D

Setelah ambil uang di ATM, segera pulang ke kos dan mengajak teman sekos untuk menemani ke toko Wisesa Komputer langsung yang ada di jalan Mozes Gatot Kaca No. 11 Mrican, Gejayan, Yogyakarta. Dua kali lewat di area Mozes, tidak menemukan plang nama Wisesa Komputer. Akhirnya balik lagi lewat untuk yang ketiga kalinya dan alhamdulillah ketemu juga toko tersebut yang memang berukuran kecil, tenggelam di antara toko-toko lain di sekitarnya yang menjajakan handphone dan aksesorisnya. Masuk ke dalam toko langsung mencari dua speaker yang sudah saya incar. Sebenarnya, ada satu kandidat lagi yang ingin saya coba yaitu Sonic Gear Tatoo Duo 3 SDU namun saya tidak menemukannya di website Wisesa Komputer dan memang di tokonya juga tidak ada barangnya, meskipun saya lihat-lihat di katalog ada. :D

Dua speaker tadi langsung saya jajal dengan menyambungkannya ke HP, beberapa kali tes tidak ada perbedaan yang sangat jauh untuk kualitas hasil audionya dengan kondisi lingkungan pinggir jalan yang cukup ramai namun tetap kerasa tendangan bass-nya. Secara kelengkapan fitur, Edifier P3060 cukup bersaing dengan Sonic Gear Evo 7 Pro. Sonic Gear sudah dipersenjatai dengan grafis animasi equalizer, mic input, tweeter satellite, sedangkan Edifier sudah mendukung MP3 playback via USB langsung. Akhirnya saya lebih memilih Edifier karena lebih prestige dibanding Sonic Gear, hehehe.. Oke deh, langsung bayar dan angkut ke kos. Di kos, saya atur sedemikian rupa agar ringkas dan enak dipandang. Kemudian saya tes lagi suaranya dan memang ajib hasilnya. Akhirnya terpenuhi juga punya speaker murah yang bermerek cukup terkenal.

Meskipun menghasilkan suara yang lumayan aduhai, namun ada beberapa yang menjadi nilai minus menurut saya terkait fitur dan fisik speaker ini antara lain:
  • Hanya tersedia pengaturan volume dan bass, minus treble
  • Pengatur volume dan bass berada di belakang subwoofer
  • Port USB berada di belakang subwoofer
  • Sakelar on/off juga berada di belakang subwoofer
  • Landasan bawah subwoofer mudah lepas, punya saya belum ada setengah tahun sudah hilang dua landasannya. :D
Namun, dengan fisik yang terbuat dari kayu membuat kualitas suaranya bagus. Apalagi ditunjang dengan cat piano hitam glossy di bagian satelit menjadikannya telihat mewah dan warna gold di tiap-tiap speaker menjadikannya terlihat menyala. Dengan penilaian sederhana di atas, untuk rentang nilai 1--10 saya beri nilai 6,5 untuk speaker ini.

Demikian review sederhana untuk speaker Edifier P3060 ini, semoga bisa memberikan banyak manfaat. Untuk segala kesalahan dan kekurangan saya minta maaf. Terima kasih. :)

Keywords: review speaker, review edifier, review edifier p3060, speaker edifier, toko speaker jogja, speaker yogya, review speaker 2.1, edifier 2.1, sonic gear evo 7 pro, fitur speaker edifire, harga edifier, harga speaker edifier, harga edifier p3060,

Source gambar: http://www.edifier-international.com/sites/default/files/imagecache/product-gallery-large/product/gallery/p3060_main.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar