Kamis, 04 Juli 2013

Membuat Blog Sederhana Menggunakan Framework PHP Yii Part. 1

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Pada artikel kali ini, saya ingin share tentang proyek pribadi saya yaitu membuat CMS (Content Management System) blog sederhana berbasis framework PHP Yii. Ya, memang sudah banyak di dunia maya ini bermunculan macam-macam CMS yang powerful dan fitur yang sangat lengkap. Dari CMS untuk blogging biasa, CMS untuk berjualan (e-commerce), CMS untuk social network, CMS untuk forum online, CMS untuk e-learning, dan masih banyak lagi jenisnya. Bahkan, tak sedikit pula dari CMS-CMS tersebut yang dibangun sudah berbasiskan framework, sebut saja GXC CMS yang berbasis Yii, Pongo CMS yang berbasis Laravel, Pimcore yang berbasis Zend, dan lain-lain.

Tanpa bermaksud menyaingi CMS-CMS blogging yang sudah mapan (impossible mungkin kalau untuk menyaingi :D) ataupun menumpang nama tenar dari nama framework Yii yang beberapa tahun belakangan ini selalu menduduki peringkat atas dalam daftar framework PHP terpopuler, proyek pribadi ini hanyalah proyek iseng-iseng sekaligus media belajar bagi saya pribadi untuk bisa lebih mendalami framework Yii itu sendiri. Apalagi setelah saya sedikit merasa bosan dengan jasa blog-blog gratisan seperti blogger.com maupun wordpress.com, yah akhirnya saya coba untuk bisa mengembangkan CMS blogging sendiri meskipun secara fitur saya mencontek dari blogger dan fitur yang tersedia masih sangat kurang jika dibandingkan dengan blogger. Yang penting coding dulu dan fitur-fitur basic bisa segera terwujud, fitur tambahan bisa di-coding di kesempatan berikutnya (kalau masih semangat :p).


Karena masih malas untuk menuliskan dokumentasi dan cerita-cerita penjelas mengenai CMS ini, maka sementara waktu saya tampilkan dulu preview-nya. :D Sebagai catatan, CMS blog ini saya menggunakan tema Charisma yang sudah saya sederhanakan untuk tampilan dari sisi administrasi dan sebagai tema tampilan untuk halaman publik saya menggunakan tema dari Hebo!, meskipun pada akhirnya masih tetap ada rombakan besar untuk mengimbangi gaya coding-an saya. Hehe... Dokumentasi yang lengkap, insyaAllah akan segera saya terbitkan. Berikut adalah beberapa preview yang bisa saya sertakan.

Gambar 1. Preview Manajemen Artikel

Gambar 2. Preview Form Add Artikel Blog

Gambar 3. Preview Public Home Page

Gambar 4. Preview Public View Single Article/Post

Untuk post pertama tentang blog sederhana berbasis Yii saya cukupkan sekian dulu. Semoga kita bisa bertemu di artikel selanjutnya dengan tema kelanjutan dari proyek ini. Terima kasih atas perhatiannya. :)

Keywords: cms yii, yii blog, cms berbasis yii, cms blog, blog berbasis yii, proyek yii, blog yii sederhana, cms yii sederhana, blog framework yii, cms blog yii, template charisma yii, tema charisma yii, template hebo yii, tema hebo yii, contoh blog yii, proyek cms yii, proyek blog yii

8 komentar:

  1. boleh minta source codenya ga mas, saya mau belajar

    BalasHapus
  2. Belum go publik, Mas.. InsyaAllah segera saya publish..

    BalasHapus
  3. Wah bagus tuh MAs,
    saya juga mau donk, hehe

    BalasHapus
  4. klo bole saya juga minta mass.. hahaha..
    lumyana koleksi hihihi
    oiamas, atau buat tutornya mas.. biar sama2 belajar tq

    BalasHapus
  5. Wah boleh nih source codenya, buat belajar yii

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Masih sibuk kerja sama kuliah, Mas.. Part 2 masih dipending. Hehehe.. Semoga sabar menanti. :D

      Hapus
  7. minta souce codenya mas, bagus tuh, nnti bisa saya kembangkan :) thank

    BalasHapus